Pesta Baratan 2010

24 Juli 2010
Posted by admin


Baratan sebagai tradisi rakyat Jepara khususnya di wilayah Kalinyamatan memiliki keunikan tersendiri. Baratan yang jatuh setiap tanggal 15 Ruwah (Sya'ban) biasa dilaksanakan dalam bentuk pawai atau iring-iringan jalan kaki anak-anak sambil membawa lampu hias khas dengan meneriakan yel-yel ritmis.

Rakyat kalinyamatan percaya bahwa baratan menyimpan makna yang tinggi, baik religius maupun legenda. Yang paling menarik tradisi baratan ini memiliki suatu ciri khas yaitu lampu baratan yang disebut juga lampu impes, yaitu lampu-lampu kertas yang munculnya di setiap acara baratan saja, dan juga pembuatan jajanan tradisional yang disebut puli oleh ibu-ibu rumah tangga di wilayah Kalinyamatan untuk dibagikan ke tetangga sekitar.

Dengan potensi budaya yang dimilikinya diharapkan tradisi ini terus lestari dan berkembang secara estafet turun-temurun kepada generasinya. Seiring dengan perkembangan jaman, tradisi arak-arakan ini sedikit demi sedikit mulai ditinggalkan. Hal ini harus segera diantisipasi, agar masyarakat Kalinyamatan khususnya anak-anak di masa sekarang mengenal dan ikut melestarikan tradisi budaya leluhurnya.

Maka dengan realita tersebut Lembayung Production yang pernah membuat Rekor MURI untuk event yang sama pada tahun 2004, kembali menggelar "Pesta Baratan" sebagai bentuk kepedulian melestarikan dan memberikan perhatian terhadap seni budaya tradisi rakyat.

Pesta Baratan 2010 akan kita selenggarakan pada tanggal 26 Juli 2010, bekerja sama dengan pemerintah kabupaten Jepara, Fatayat NU ancab Kalinyamatan, Himpunan Pendidik & Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi), Gaperto Art, Praja Muda Margoyoso, Mpu Palman Musik Bambu dan Teater Njawha.

Acara berlangsung sedari pagi sampai malam. Berikut rundown acara:
I. 08:30 - 11:00 Lomba Mewarnai Tingkat PG/TK
Tempat: Pendopo Kecamatan Kalinyamatan

II. 15:00 - 17:00 Lomba Kreatifitas Mengolah Limbah Rumah Tangga
Tempat: Lapangan Benih Palawija Kalinyamatan

III. 18:30 - 19:30 Ritual Nishfu Sya'ban
Tempat: Masjid Al Makmur Kriyan

IV. 19:30 - 22:00 Konvoi Lampion, Barongan dan Kuda Lumping (drama simbolis Perang Prajurit Arya Penangsang dan Prajurit Sultan Hadlirin), Teatrikal Multimedia Ratu Kalinyamat dan Musik Bambu.
Tempat: Masjid Agung Al Makmur Kriyan—sepanjang Jalan Raya Jepara-Kudus—Lapangan Benih Palawija Kalinyamatan Jepara.

Label: , ,

4 komentar:

Rizky2009 mengatakan...

pasti acaranya bakan meriah bgt yh sob, sukses sll buat jepara

yazid mengatakan...

manteb bro .. cepet banget komengnya .. :)

Anasku mengatakan...

wah aku ikutt.,.. hahahaha bratan menanti

kurniawan.q mengatakan...

pengen liat

Posting Komentar

Jangan lupa di isi yaw ;)